Laman

Jumat, 30 September 2016

Cara Menghitung Catering Pernikahan yang mudah

Cara Menghitung Catering Pernikahan

Menentukan jumlah porsi catering dalam setiap acara adalah hal yang sangat penting seperti lamaran atau pernikahan. Sayangnya, tidak banyak diantara calon pengantin yang tahu bagaimana menentukan jumlah porsi makanan tersebut. Oleh karena itu, kami dari CateringMiya bisa  memberikan sedikit saran atau masukan  kepada calon pengantin agar bisa menghitung sendiri berapa banyak jumlah porsi catering yang dibutuhkan untuk acara tersebut.
Hal-hal  penting yang harus di perhatikan saat menentukan porsicatering:
  • Jumlah Undangan
Cara Menghitung Catering Pernikahan

Hal ini sangat menentukan karena kita harus make sure semua tamu untuk mendapatkan makanan yang cukup. Hal ini sebenarnya bisa kita hitung dengan mengikuti step dibawah ini:
  1. Hal yang utama, tentukan jumlah undangan lalu dikalikan 2
  2. Perkirakan jumlah tamu yang pasti akan hadir. Karena kemungkinan tidak semua orang akan datang ke pesta kalian . Biasanya hanya 85-90% total yang akan datang ke resepsi pernikahan.
  3. Lalu gunakan ratio buffet:food stall untuk menghitung jumlah buffetdan food stall yang harus dipesan. ratio perbandingannya 60:40, apabila malam, maka estimasi makan prasmanan lebih sedikit dibandingkan acara siang.
  4. Untuk food stall, kebanyakan orang akan mendatangi food stall 4-5 gubug. Oleh karena itu, hasil penghitungan porsi food stall harus dikalikan 4 (tapi jika resepsi kalian siang hari lebih baik dikalikan 5). 
  5. yang terakhir, CateringMiya menyediakan minimal 200 porsi untuk 1 food stall. maka bagi hasil penghitungan tersebut dengan 200 porsi.
Sebagai Contoh jika kamu memiliki 1,000 undangan, maka perhitungan cateringnya adalah sebagai berikut:
  1. 650 undangan dikalikan 2 = 1.300 tamu
  2. Apabila kamu menyakini akan ada 90% total tamu yang akan datang, maka : 90% x 1.300 tamu = 1.170 tamu yang akan hadir di resepsi tersebut.
  3. Dengan menggunakan ratio buffet:food stall, rasionya  adalah 60% buffet dan 40% food stall, dimana : Buffet =60% x 1.170 tamu = 700 porsi,   Food Stall = 40% x 1.170 tamu = 468 porsi (dibulatkan menjadi 470 porsi saja)
  4. Untuk food stall, seperti yang aku sebutkan diatas kalau biasanya setiap orang mengunjungi 3-4 food stall, makaFood Stall = 470 porsi x 4 = 1.880 porsi maka 1.880 porsi dibagi 200 porsi = 9,4 foodstall ( 9 stall makanan berat & 1 stall buah puding salad}
  • Jadi Kesimpulannya untuk dari data diatas, akan menyediakan 700 porsi buffet dan 10 buah gubug (food stall). Sehingga tamu puas dan tidak kekurangan makanan
  •     Latar belakang tamu undangan.
Ini sangat penting, sebagai calon pengantin yang mengadakan pesta pernikahan harus tahu latar belakang tamu yang akan diundang. Gunanya, untuk menentukan menu dan jumlahnya. Untuk menuya biar cocok di lidah mereka, setidaknya makanan yang bisa dinikmati oleh semua orang. Dan, latar belakang itu memengaruhi jumlah porsi, contoh saja: pihak keluarga dan tetangga yang berasal dari daerah akan membawa semua anggota keluarganya ke resepsi pernikahan.

Baca juga klik disini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar